Memahami Facebook Ads Interest atau Targeting Untuk Pemula

M

Kalau kamu belajar paid ads performance, pasti kamu akan sering dengar dengan istilah Targeting. Mungkin kamu mengira targeting di sini adalah goal atau tujuan dari iklan yang mau kamu jalankan tapi bukan loh. Nah, disini kita akan coba berdiskusi tentang basic facebook ads interest atau targeting di facebook ads itu seperti apa sih?, untuk apa targeting itu?, dan cara menggunakan targeting.

Apa Itu Facebook Ads Interest?

secara singkat, facebook ads interest adalah gambaran dari target audience yang kemungkinan besar akan menggunakan atau berinteraksi dengan iklan yang kamu jalankan di facebook ads. Oleh karena itu, dikalangan advertiser disebut juga sebagai targeting, karena di menu ini kamu juga bisa mengatur lebih spesifik lagi dari target audience iklan kamu seperti jenis kelamin, usia, aktifitas, hingga lokasi. Kamu juga bisa memasukan data custom audience yang kamu punya atau data yang berasal dari website kamu yang telah dipasang facebook pixel. Dengan menggunakan Interest saat kamu setting iklan di facebook ads maka facebook akan mengidentifikasi dan menyebarkan iklan kamu pada target audiens yang kamu inginkan.

Kenapa Perlu Pakai Targeting atau Interest?

Kamu pasti sudah tahu kalau yang ngiklan di facebook bukan cuma kamu, ada jutaan bahkan miliaran konten iklan yang bisa jadi saingan dari iklan kamu. Selain agar bisa membantu facebook menyebarkan iklan kamu ke audience yang tepat, beberapa alasan lain kamu perlu setting interest itu:

  1. Relevansi dan Engangement: Walaupun hampir mustahil untuk memprediksi minat dan trend yang diminati khususnya buat target market untuk produk yang kamu iklankan kamu harus bisa mengira atau tahu siapa yang kemungkinan besar akan menikmati konten iklan yang kamu buat. Karena pada dasarnya iklan yang bagus adalah relevansi dengan audiens sehingga meningkatkan kemungkinan audiens untuk berinteraksi dengan iklan kamu seperti like, komen dan share atau bahkan hingga menjadi konversi dan membuat score iklan kamu lebih baik.
  2. Efisiensi Biaya: Salah satu target atau KPI buat advertiser adalah menurunkan cost atau biaya yang digunakan untuk iklan. Ada berbagai cara menurunkan cost iklan, salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan targeting yang benar, karena dengan targeting yang benar akan mengurangi biaya CPC atau CPM sehingga budget iklan lebih efisien dan ROI yang dihasilkan lebih maksimal.
  3. Riset dan Testing: Saat menggunakan targeting kamu juga bisa gunakan sebagai alat untuk riset jangkauan audiens untuk produk kamu, bisa juga sebagai digunakan saat kamu ingin eksplorasi angle iklan baru yang menargetkan audiense yang lebih spesifik.

Cara Setting Targeting di Facebook Ads Manager

Untuk mengatur targeting sebenarnya cukup mudah, kamu bisa menemukan menu targeting ini di section Ad-set istilah ini juga digunakan untuk mengatur targeting di platform iklan lain seperti google dan tiktok.

  1. Masuk ke dashboard Meta Ads. Kamu bisa langsung mengunjungi dashboard meta ads melalui link facebook adsmanager
  2. Klik tombol “Create” untuk membuat campaign baru di tab campaign, atau kamu bisa juga menambah adset baru di campaign yang sudah ada dengan cara pilih/checklist campaign yang kamu mau kemudian klik tab adset kemudian klik tombol “Create

About the author

Ahmad Nur Huda

Passionate about the digital world, thrive on creating captivating web designs and optimizing paid ad campaigns. Part time content writing and creation learner.

Get in Touch

Please send your email directly to m.nurulhuda467@gmail.com or throgh my social channels below: